Big Daya Mulia Have Story

Which way “in Jogja and want a typical culinary Jogja satay klathak what is old school food Jogja ,,,, or want culinary night, please contact us big trans noble power to bring you to enjoy culinary
Mobile +6287839047118
Phone (0274) 280 1946

Iklan

Peninggalan Sejarah Museum Sonobudoyo diYOGYAKARTA

Museum Sonobudoyo terletak di Jl. Trikora No. 6 Yogyakarta, berseberangan dengan Alun-alun Utara Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Cikal bakal berdirinya museum ini adalah Java institut, yaitu sebuah yayasan yang bergerak dalam bidang kebudayaan Jawa, Madura, Bali, dan Lombok yang didirikan di Surakarta pada tahun 1919 dengan tugas pokok kegiatannya membantu kegiatan pelestarian dan pengembangan kebudayaan lokal.

Tanah dan bangunan museum merupakan hadiah dari Sri Sultan Hamengku Buwono VIII dan dimulai dengan pembangunan pendapa kecil dengan candra sengkala Buta Ngrasa Esthining Lata yang bermakna tahun 1865 jawa atau tahun 1934 Masehi. Peresmian museum ini dilakukan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono VIII pada tanggal 6 November 1935 dengan candra sengkala Kayu Winayang ing brahmana Budha, yaitu angka tahun 1866 Jawa atau tahun 1935 masehi.

Bangunan gedung museum direncanakan oleh Ir. Th. Karsten serta pengawas dan penasehat Ir. L. J. Moens di atas tanah seluas 7.867 m2.

Museum Sonobudoyo memiliki jumlah koleksi terbanyak di Yogyakarta, yaitu + 43.263 buah. Koleksi tersebut berupa berbagai benda artefak mulai dari batik, keris, arca zaman klasik, keramik, gerabah senjata tradisional, keramik kuno, dan masih banyak lagi. Asal mula koleksi adalah hibah dari Java Instituut, sebuah perkumpulan pakar seni dan budaya Jawa, Bali, Nusa Tenggara yang anggotanya terdiri dari orang-orang Indonesia dan mancanegara.

(

Sumber: Selayang Pandang Badan Musyawarah Musea (Barahmus) DIY, 2004)

Sewa Mobil Paling Recomended & No 1 diJogja

Untuk yang lagi liburan dijogja Dan butuh transportasi silahkan percayakan pada kami -Paket city tour -Drop in bandara -Paket wedding -ataupun antar jemput luar kota -juga sedia untuk pengawalan jalan Silahkan hubungi kami 087839047118

Goa Cerme Yang Memiliki Banyak Sejarah

Goa Cerme Jogja merupakan peninggalan bersejarah, dimana Alamat Goa Cerme terletak di Dusun Srunggo, Selopamioro, Imogiri, Bantul. Goa Cerme Imogiri memiliki panjang 1,5 km yang tembus hingga sendang di wilayah Panggang, Gilitirto, Gunung Kidul. Goa Cerme Bantul ini dulunya digunakan oleh walisongo untuk menyebarkan agama Islam di Jawa. Obyek Wisata Goa Cerme termasuk goa yang panjang dan dalam. Daya tarik utama Goa Cerme ialah keindahan stalagtit dan stalagmit serta sungai bawah tanah dan banyaknya kelelawar.
Lantai Goa Cerme Yogyakarta ini digenangi oleh air tanah dengan rata-rata kedalaman sekitar 1 – 1,5 meter. Wisata Goa Cerme ini merupakan salah satu wisata andalan bantul didukung dengan kebersihan halaman yang cukup terjaga.
Selain ornamen Gua Cerme yang indah, mendekati ujung perjalanan wisatawan akan dimanjakan dnegan pemandangan air terjun apalagi di musim ujan air terjun ini sangat deras. Jika Anda petualang sejati maka Anda wajib melanjutkan perjalanan naik ke air terjun hingga sampai di pintu keluar gua.
Harga Tiket Masuk Goa Cerme yaitu Rp. 2.500,- dan parkir sepeda motor Rp. 2.000,- . Untuk jasa pemandu Goa dipatok harga mulai Rp. 30.000,- sewa headlamp Rp 5.000,-
Rute Menuju Goa Cerme Dari terminal Giwangan menuju Jalan Imogiri timur dan anda akan menemukan papan petunjuk arah menuju Goa Cerme. Setelah melewati daerah Selopamioro, anda akan disajikan dengan tajakan yang cukup tajam. Karena itu usahakan kendaraan dalam konsisi prima.Anda juga bisa mencapai Goa Cerme dengan menggunakan kendaraan umum. Dari terminal Giwangan naik angkutan umum rute Jogja-Imogiri-Cerme. Setelah itu lanjutkan dengan berjalan kaki menuju Goa Cerme. Sebaiknya kunjungi Goa Cerme pada waktu pagi hari karena bus terakhir menuju Cerme adalah pukul 14.00 WIB

Wisata Pantai Bandengan Membuat Mata Wisatawan Terpesona

Pantai Bandengan terletak di desa Bandengan, kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Pantai yang terletak di pesisir pantai utara Jawa ini menjadi salah satu tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Pada musim liburan, pantai Bandengan ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.
Sebutan nama Pantai Bandengan ini erat kaitannya dengan salah satu legenda asal usul kepulauan pulau karimunjawa, yang dalam legenda dikisahkan Amir Hasan putra Sunan Muria yang diperintahkan untuk pergi memperdalam dan sekaligus mengembangkan ilmu agama ke Kepulauan Karimunjawa. Ketika sampai di pantai ini, mereka menemukan banyak Ikan Bandeng sehingga wilayah itu dinamakan Desa Bandengan yang lantas pantainya biasa juga disebut sebagai Pantai Bandengan.
Pantai ini sebenarnya bernama Pantai Tirta Samudera atau Pantai Tirto Samudro yang merupakan salah satu obyek wisata unggulan di Jepara, kota kelahiran salah satu Pahlawan Nasional R.A. Kartini. Pantai ini airnya jernih dan berpasir putih ini berjarak sekitar 7 KM dari pusat kota Jepara. Dahulu Pantai Bandengan ini dikelola warga sekitar, dan mulai tahun 1987 pengelolaannya di ambil alih oleh Pemerintah Kabupaten Jepara dengan tetap memprioritaskan pemberdayaan masyarakat setempat. Pantai ini cocok untuk menjadi tempat wisata pantai seperti berenang, berperahu, bermain voli pantai atau sekadar bersepeda di pinggir pantai.
Satu lagi yang menarik yakni hamparan pepohonan yang rimbun dan hijau di sekitar pantai yang membuat suasana di Pantai Bandengan begitu sejuk dan nyaman. Keindahan pantai di sini sebenarnya tak kalah dibandingkan dengan keindahan pantai di Bali. Jika lelah dan ingin beristirahat, di Pantai Bandengan ini terdapat resort yang dapat dijadikan tempat menginap. Setelah beristirahat malam hari, pada pagi hari Anda juga dapat menikmati sajian panorama matahari terbit di Pantai Bandengan.
Gazebo Pesona Pantai Bandengan

AKTIVITAS di PANTAI BANDENGAN

Anda dapat menikmati rimbunnya pepohonan pandan atau pohon perdu di sepanjang pesisir Pantai Bandengan Jepara atau yang dikenal juga sebagai Pantai Tirta Samudera. Pantai Bandengan memiliki struktur pantai yang landai dan air yang jernih dan bersih, karena pantai merupakan pantai utara jawa sehingga ombaknya pun tidak besar. Karena itu pantai ini cocok untuk menjadi tempat wisata pantai seperti berenang, bermain voli pantai, berperahu, atau sekadar bersepeda di pinggir pantai.
Bahkan pada saat Anda mencelupkan diri ke air laut yang bening, Anda dapat melihat ikan-ikan kecil sedang berlarian di dasar air laut. Di pantai ini pengunjung bisa menikmati berbagai macam wahana bermain air yang sangat menyenangkan mulai dari menaiki perahu, bermain air yaitu dengan menggunakan bantuan ban dan juga bermain banana boat seperti permainan yang ada di pantai-pantai bali. Biaya yang ditawarkan untuk bermain wahana air itu pun tidak terlalu mahal, cukup dengan biaya Rp.30.000 anda bisa bermain banana boat, sedangkan jetsky anda harus merogoh kocek cukup dalam yaitu Rp60.000 dan biaya Rp10.000 untuk bermain dengan donuts ban. Disini anda juga bisa menikmati pesona panorama laut yang begitu indah dan cantik seperti matahari terbenam dan matahari terbit yang sayang untuk anda lewatkan. Untuk biaya masuk / retribusi pada tahun 2015 ini sesuai dengan Perda Kabupaten Jepara nomor 11 tahun 2010 tentang retrebusi tempat rekreasi Kabupaten Jepara, yaitu pada hari senin – jumat untuk anak-anak sebesar Rp. 2000,-, dewasa Rp. 3000,-, hari sabtu-minggu/hari libur, tarif untuk anak Rp. 3000,-, dan dewasa Rp. 5000.


WAHANA PANTAI BANDENGAN

  • Banana Boat
  • Flying Fish
  • Wave House (wahana ombak buatan untuk selancar)
  • Jetski
  • Waterski
  • Flyboard
  • Donut buoy (pelampung ban dalam mobil)
  • Duck Buoy (pelampung bentuk bebek)
  • ATV
  • Kano
  • Sandal Raksasa
  • Taman Karang
  • Mainan Anak-anak / Kid’s Park (Ayunan, Perosotan, dll)
  • Perahu ke Pulau Panjang

  • WAHANA PANTAI BANDENGAN

  • Banana Boat
  • Flying Fish
  • Wave House (wahana ombak buatan untuk selancar)
  • Jetski
  • Waterski
  • Flyboard
  • Donut buoy (pelampung ban dalam mobil)
  • Duck Buoy (pelampung bentuk bebek)
  • ATV
  • Kano
  • Sandal Raksasa
  • Taman Karang
  • Mainan Anak-anak / Kid’s Park (Ayunan, Perosotan, dll)
  • Perahu ke Pulau Panjang
  • Fasilitas Pantai Bandengan

    • Mushola
    • Penginapan
    • Warung Makan
    • Tempat Parkir
    • Penjualan cinderamata

    Penginapan

    Apabila anda ingin nginap di pantai bandengan ini tidak perlu jauh-jauh mencari hotel / penginapan yang dekat kota jepara, ada beberapa hotel yang sudah didirikan didekat pantai bandengan ini salah satunya adalahHotel Palm Beach, hotel ini berada tidak jauh dengan pantai bandengan, view dalam hotel tersebut langsung mengarah ke bibir pantai. untuk alamat hotel palm beach di Jl. Tirta Samudera No. 191, Bandengan, Kec. Jepara, Jawa Tengah 59432.
    hotel palm beach pantai bandangan jepara
    View Pantai dari Hotel Palm Beach
    Pantai Bandengan sering dikunjungi karena suasana alamnya yang unik. Anda dapat menemukan suasana pantai pasir putih yang luas. Kemudian Anda juga dapat menikmati keindahan air laut yang jernih. Serta yang menarik adalah hamparan pepohonan yang rimbun dan hijau di sekitar pantai. Tentu ini membuat suasana di Pantai Bandengan begitu sejuk dan nyaman. Keindahan pantai di sini mampu menyaingi keindahan pantai di Bali.
    Anda juga dapat mengunjungi pulau di tengah laut dari Pantai Bandengan. Pulau yang dapat Anda kunjungi dari sini yaitu Pulau Panjang.
    Pulau Panjang Jepara
    Pulau Panjang
    Di pulau ini Anda dapat menyaksikan kekayaan alam yang indah yaitu flora dan fauna yang menarik. Anda dapat mengunjungi pulau ini dengan biaya yang relatif murah. Pulau Panjang dikelilingi laut dangkal dengan dasar terumbu karang sehingga pantainya berpasir putih. Air laut di sebelah selatan dan barat cukup jernih dan tidak berarus, sehingga cocok untuk mandi laut, snorkeling, dan bermain kano. Di sepanjang pantai terdapat pohon peneduh dengan akarnya yang menjurai ke laut sangat indah untuk dinikmati. Ditambah dengan suasananya yang tenang cukup menyejukkan hati setiap pengunjung. Baca Blog saya tentang Pulau Panjang untuk info lebih lanjut mengenai pulau panjang

    Anda juga dapat berkeliling pantai dengan menyewa perahu atau kapal yang siap mengajak Anda berkeliling pantai sambil menikmati keindahan alam di Pantai Bandengan.

    Anda juga dapat berkeliling pantai dengan menyewa perahu atau kapal yang siap mengajak Anda berkeliling pantai sambil menikmati keindahan alam di Pantai Bandengan.

    Pesona Pantai Krakal Gunung Kidul Yang Memikat Wisatawan

    Lokasinya sekitar 37 kilometer arah selatan kota Wonosari. Pantai Krakal merupakan objek wisata pantai yang memiliki luas serta paling panjang bila dibandingkan dengan pantai Gunung Kidul lainnya. Tidak jauh dari pantai Krakal Yogyakarta terdapat destinasi wisata pantai Drini, berjarak 2 kilometer disebelah timur. Salah satu tempat wisata Gunung Kidul ini masih satu jalur dengan wisata pantai Baron Jogja dan pantai Kukup.

    pantai krakal

    Pasir pantai Krakal berjenis pasir putih, ditambah dengan bebatuan karang pada tepi sepanjang pantai. Hal semacam itu begitu cocok bagi wisatawan yang merindukan dengan kesegaran angin dan panorama laut. Wisata krakal beach memiliki beragam biota laut yang amat menggoda di pinggiran pantai. Untuk berburu biota laut, wisatawan dapat menggunakan alat bantu jaring kecil yang biasanya di jual oleh pedagang sekitar area pantai.

    Sejarah Pantai Krakal

    Sejarah unik dialami oleh pantai Krakal, terbentuk pantai seperti itu melalui berbagai proses alam yang panjang. Kata penduduk sekitar, pantai pulang syawal berada dibawah dasar laut. Lantaran terjadi proses alam pengangkatan kerak bumi, sehingga dasar laut dapat menuju ke permukaan hingga menjadi daratan.

    Daratan pantai terbentuk karena pengangkatan dasar laut, sehingga muncul pantai dengan sebutan pantai Krakal Wonosari. Pantai pulang syawal memiliki keunikan pada jumlah batu karang yang bertebaran di pantai, dimana dahulu batu karang tersebut merupakan habitat asli bagi ikan di dasar laut.

    Fasilitas Wisata

    Apabila anda beruntung ketika berkunjung ke wisata pantai Krakal, maka anda akan disuguhkan dengan berbagai atraksi hiburan yang biasanya digelar di panggung terbuka.

    Pantai Krakal memiliki dua batu hitam yang menjulang tinggi keatas sebagai pembatas dengan pantai lain. Pada kedua batu tersebut memiliki permukaan sangat subur maka tidak heran apabila pada permukaan dua batu ditumbuhi oleh bermacam tumbuhan laut. Diantara kedua karang besar tersebut wisatawan dapat menikmati panorama alam pantai dengan mengunjungi gazebo yang telah disediakan oleh pengelolah wisata.

    gazebo pantai krakal

    Menikmati salah satu tempat wisata Gunung Kidul krakal beach tidak akan lengkap apabila anda tidak bermalam di lokasi wisata. Apabila anda ingin bermalam di objek wisata Krakal, telah disediakan fasilitas umum hotel melati dengan harga terjangkau. Wisatawan pun mudah untuk mendapatkan makan seafood, disana terdapat rumah makan yang khusus menjual menu masakan laut.

    Seperti halnya wisata pantai lain, pantai Krakal Gunung Kidul memberikan berbagai panorama alam yang dapat mendamaikan hati dan pikiran. Ketika perjalanan menuju objek wisata, para wisatawan akan disugguhkan berbagai pemandangan bukit kapur serta bongkahan batu karang menjadi pemandangan nan indah. Bebatuan di sepanjang perjalanan kiri dan kanan jalan menuju objek wisata ini lah disebut dengan daerah Karst.

    kuliner pantai krakal

    Wisata pantai pulang syawal sering memiliki kontur alam yang relatif rendah sehingga cahaya matahari memancar menyinari cakrawala pantai. Pasir putih bagi permadani memanjang di tepian pantai.

    Wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas menyenangkan di pantai Krakal. Terdapat banyak pilihan aktivitas, anda dapat bermain dengan air ombak laut sepanjang bibir pantai yang menyambung terus hingga lautan Australia. Hal tersebut mengindikasi bahwa sebuah aktivitas yang sangat langkah dapat anda lakukan yang bertempat tinggal jauh dari keindahan pantai.

    Selain bermain ombak pantai, pantai Krakal menawarkan berbagai aktivitas menyenangkan lainnya. Diantaranya seperti berburu ikan hias di pinggiran pantai, bermain sepak bola pantai, bermain layang layang dengan memanfaatkan luasnya bibir pantai yang sangat panjang, kira kira panjang pantai Krakal sekitar 40.000 meter.

    pantai krakal siang hari

    Wisatawan tidak perlu bingung untuk mencari penginapan seperti hotel. Sebab sekitar pantai menjadi objek wisata pantai yang menyediakan banyak penginapan hotel. Harga di tawarkan hotel pantai krakal Gunung Kidul bervariasi mulai dari paling murah yakni 50.000 pada hari hari biasa, atau dapat mencapai 500.000 jika pada hari libur. Sewa kamar lantas mengikuti tipe penginapan dan fasilitas ditawarkan.

    Apabila dirasa anda tidak kebagian penginapan pantai Krakal dikarenakan telah penuh, maka sebaiknya anda mencari penginapan di pantai Sadranan. Atau lebih banyak lagi penginapan, ada daerah pantai Indrayanti.

    jembatan pantai krakal

    Rata rata warung makan, di darah pantai Krakal menyuguhkan makanan dengan menu berbagai ikan laut atau menu masakan dengan lauk lainnya. Salah satu kuliner rekomendasi untuk wisatawan, seperti rempeyek terbuat dari umbal. Umbal merupakan binatang laut menempel pada bebatuan karang di pantai.

    Seperti wisata lain, pantai Krakal telah menyediakan toilet umum bagi wisatawan. Biaya toilet pun bervariasi tergantung kebutuhan mulai 2.000 hingga 4.000 rupiah, bisa dikatakan sebagai donasi kebersihan.

    Wisata Seribu Batu Songgo Langit dan Rumah Hobbit Tempat Yang Indah

    Yogyakarta, sebagai salah satu tujuan destinasi wisata, memiliki banyak sekali opsi termasuk Wisata Seribu Batu Songgo Langit dan Rumah Hobbit. Iya. Eh, belum denger? Kalo kamu yang dari luar daerah Yogyakarta, kebanyakan memang belum banyak yang tahu. Wajar sih, Karena sebenarnya tempat wisata ini masih relatif baru. Yang paling terkenal kan Hutan Pinus yang ada di Mangunan itu.

    Setelah itu muncul, udah disiapin banyak destinasi wisata di sekitarnya. Contohnya kayak Bukit Goyang, Jurang Tembelan, Bukit Mojo Gumelem, dan beberapa yang sedang dikembangkan. Dari sekian banyak tempat wisata yang baru, Seribu Batu Songgo Langit dan Rumah Hobbit menjadi yang paling favorit.

    Memang tidak salah jika wisata tersebut menjadi sangat cepat terkenal. Karena memang banyak sekali fasilitas dan spot swafoto yang bisa dipake. Tapi kok bisa sih cepet banget gitu terkenalnya? Kok tahu cepet?

    Nah, kawasan wisata ini sudah sekitar setahun yang lalu mulai dikelola. Tepatnya tahun 2016. Pengelola utamanya ya warga sekitar, yaitu penduduk padukuhan Sukorame, Dlingo, Bantul. Lebih tepatnya, pengelolanya adalah koperasi Notowono.

    Memang, kalo secara konvensonal bakal membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menarik banyak wisatawan. Dan pada akhirnya, akhir bulan Januari 2017, Dinas Kehutanan DIY memberi dukungan kepada padukuhan Sukorame. Hasilnya, Maret 2017, wisatawan mulai berdatangan. Dan juga pertumbuhan ekonomi masyarakat di sekitar tempat wisata mulai terasa.

    Selengkapnya, bisa baca langsung di: https://www.piknikdong.com/inilah-keindahan-wisata-seribu-batu-songgo-langit-dan-rumah-hobbit.html